Perbedaan kamera DSLR Canon dan NIKON


kali ini saya akan memposting tentang model-model kamera dan ternd di tahun ini banyak yang bertanya pada saya kamera yang paling baik canon atau nikon disini sayamenjelaskan pada mereka itu terserah kalian milihnya yang mana tapi sebelum membeli sebaiknya tahu dulu mana yang paling bagus dan mempunyai kualita tinggi dan tergantung bajed kalian masing- masing walaupun saya kurang ahli disini tpi saya akan memberikan informasi dan pengalaman saya dan model-model camera buat teman- teman sekalian.. Mau ganti kamera DSLR yang mungkin sudah terasa ketinggalan jaman? Simak dulu rumor panas berikut ini, baik dari kubu Canon maupun Nikon yang kemungkinan besar akan meluncurkan kamera DSLR baru di tahun 2013. Kita tahu bahwa regenerasi rutin biasa dilakukan para produsen, dan kita juga bisa menebak produk apa saja yang dibuat tahun 2010-2011 yang akan digantikan nanti. Tidak sulit, misalnya EOS 60D atau Nikon D7000 kan sudah cukup lama, meski keduanya sangat populer sampai saat ini. 
Langsung saja, kita lihat dari kubu Canon :

Penerus EOS 60D

EOS 60D adalah kamera kelas menengah yang laku keras karena harganya yang relatif murah. Produk ini punya ciri layar LCD lipat yang sama seperti di EOS 600D/650D. Rumor yang berkembang akan hadir EOS 70D dengan sensor APS-C  24MP baru, layar lipat 3 inci yang bisa disentuh dan ISO 25.600.  Tidak ada info soal titik fokus, maka anggap saja masih tetap 9 titik dengan seluruhnya cross type.

Penerus EOS 7D

Bagi yang mengagumi ketangguhan bodi EOS 50D, maka penerus sesungguhnya dari EOS 50D adalah EOS 7D yang duduk di kelas APS-C terbaik Canon saat ini. Tak perlu banyak perbaikan, Canon kemungkinan hanya akan memberi label mark II pada EOS 7D ini. Nah, rumornya EOS 7D mark II akan memberi sensor 24 MP dan kecepatan tembak hingga 10 foto per detik, dan ISO normalnya mencapai ISO 25.600. Soal titik fokus besar kemungkinan masih sama dengan 7D.

Varian lain dari EOS 1D X

new-eos
Bagi para profesional yang memakai DSLR full frame, hadirnya EOS 1D X dengan sensor 18 MP memang sudah sangat mencukupi meski kemudian situasi jadi runyam saat ada saingan berat dari Nikon D800 dengan sensor 36 MP. Rumornya Canon tahun ini akan meluncurkan varian lain dari EOS 1D X yang bernama EOS 1D SX dengan sensor tinggi sekitar 40 MP atau lebih, mendekati teritori dari kamera medium format.

Penerus EOS M

EOS M menjadi kamera mirrorless Canon pertama yang tentu perlu beberapa perbaikan untuk bisa menyamai kamera serupa dari merk lain. Tak heran kalau Canon semestinya akan membuat EOS M2 yang paling tidak akan memperbaiki kinerja auto fokusnya yang cukup mengcewakan.
Tentang DSLR pemula Canon
Tidak ada rumor penerus EOS 1100D, sedangkan tahun 2013 ini tampaknya Canon belum akan membuat penerus EOS 650D yang masih relatif baru.
Sedangkan dari kubu Nikon :

Penerus D7000

Tentu saja logika kita akan berkata D7100 adalah nama penerus dari D7000, tapi rumornya Nikon akan melewatkan angka 100 dan langsung memberi nama Nikon D7200 sebagai penerus D7000 (mungkin supaya sama dengan D3200 dan D5200). Apapun namanya nanti, kamera penerus D7000 ini diprediksi akan memakai sensor APS-C 24MP, sedangkan hal-hal lain tidak banyak perubahan. Bila benar bedanya hanya dalam soal sensor sepertinya tidak ada alasan kuat bagi pemilik D7000 untuk upgrade, tapi kita tunggu saja..

Penerus D300s

Kepastian apakah Nikon akan membuat kelanjutan dari kamera DSLR kasta tertinggi di kelas APS-C yaitu D300s belum juga bisa dijawab. Di satu sisi D7000 sudah mencukupi untuk kebutuhan semi-pro dan untuk kualitas lebih baik Nikon ada D600. Tapi rumor yang beredar menyatakan kalau Nikon kemungkinan akan membuat penerus D300s dengan nama Nikon D9000 yang uniknya memakai sensor 16 MP saja, tapi tanpa low pass filter. Nah ini artinya D9000 akan sangat tajam dan cocok buat landscape. Aspek lain diduga akan sama seperti D300s seperti jumlah titik fokusnya tetap 51 titik.
nikon-2013-predictions

Penerus Nikon 1 V2

Nikon 1 adalah format mirrorless dari Nikon dan seri V2 adalah seri tertinggi di segmen ini. Rumornya akan hadir Nikon 1 V3 yang entah apanya lagi yang akan ditingkatkan. Rumor yang menarik di kancah Nikon 1 ini justru rencana kehadiran Nikon 1 S (Nikon 1 murah meriah) yang simpel tapi hasil fotonya lebih bagus (bila dibandingkan dengan kamera saku).
Tidak heran kalau tak ada rumor tentang penerus D3200 apalagi D5200 di segmen pemula karena keduanya masih sangat baru, demikian juga dengan D600 dan D800 di kelas hobi serius (baca : full frame).

Penerus D4

Nikon D4 menjadi flagship DSLR Nikon di kelas full frame dan sepertinya sudah tidak banyak yang bisa disempurnakan lagi. Tapi kita tunggu saja kemungkinan hadirnya Nikon D4x yang akan menambahkan resolusi sensornya sehingga bisa menyamai si adiknya yaitu D800.

Jadi tampaknya tahun ini Canon dan Nikon akan sama-sama menggebrak pasar dengan persaingan head-to-head :

baca juga:
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori camera / canon / nikon dengan judul Perbedaan kamera DSLR Canon dan NIKON. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/02/perbedaan-kamera-dslr-canon-dan-nikon.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Monday, February 25, 2013

6 komentar untuk "Perbedaan kamera DSLR Canon dan NIKON"

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013