mobil listrik nasional 2013



blog tengok aja – Pemerintah Indonesia mulai mengambil langkah serius dalam melirik potensi mobil listrik di Indonesia. Sebuah wacana produksi massal mobil listrik mulai disuarakan oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan yang merasa optimis bahwa mobil listrik yang nantinya akan menjadi salah satu mobil nasional akan bisa diperkenalkan pada Mei 2013 kelak.
Wacana ini diambil setelah sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mencoba mengendarai mobil listrik Evina (dulu bernama mobil listrik Ahmadi) yang merupakan hasil kaloborasi PT PLN Persero dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama, serta PT Great Asia Link.
Test drive yang dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut akhirnya menghasilkan sebuah komentar yang menyatakan bahwa Presiden mengaku terkesan dan tertarik untuk segera melakukan launching mobil listrik dalam skala nasional dalam waktu yang dekat.
Meskipun tanggal tepatnya launching mobil listrik ini masih dipertimbangkan, namun Dahlan sendiri mengusulkan agar launching ini dilakukan pada 20 Mei 2013 kelak.
Kok harus bulan Mei ? Kenapa tidak di awal tahun 2013 saja ? Menjawab pertanyaan tersebut Dahlan Iskan menjelaskan bahwa terdapat beberapa persiapan terkait penunjang mobil listrik yang harus dimatangkan terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mobil listrik ini benar-benar diluncurkan. Beberapa persiapan tersebut antara lain seperti baterai dan motor mobil yang baru akan diproduksi pada April 2013. Dengan begitu maka sudah dapat dipastikan bahwa mobil listrik yang akan diproduksi ini kelak merupakan 100 persen produksi Indonesia.
Sebelumnya, Produsen mobil listrik PT Great Asia Link (Grain) telah menyanggupi untuk memproduksi kendaraan hemat bahan bakar minyak tersebut secara massal pada tahun 2013. Pihak Grain mengaku tertarik untuk memproduksi mobil listrik dikarenakan potensi pasarnya di Indonesia yang dinilai sangat bagus. Apalagi di Pulau Jawa sampai sekarang energi listriknya mengalami “oversupply”. Karena itulah mereka optimistis kendaraan beroda empat yang diproduksinya kelak dapat diserap oleh pasar otomotif.
http://ridsabs.blogspot.com/search/label/teknologiWalau demikian, estimasi produksi massal pada bulan Maret tahun 2013 tidak bisa memenuhi seluruh kapasitas karena harus dilakukan secara bertahap. Adapun mengenai varian mobil listrik yang disiapkan terdiri dari 3 varian yang diberi nama Ravi, Hivi, dan Hevi (untuk mobil listrik `pick up`).
Pihak Grain berharap dengan dikeluarkannya mobil listrik terutama manual dapat menguasai pangsa pasar lima persen dari total pasar mobil secara keseluruhan di Tanah Air yang mencapai 1 juta unit. Untuk investasi, harga mobil listrik memang lebih mahal, namun jika diperhatikan pada biaya operasionalnya justru jauh lebih murah hingga 75% dibandingkan mobil yang memakai BBM Nonsubsidi.
Anda tertarik dengan mobil listrik nasional ? Kita tunggu saja sensasinya di bulan Mei 2013 kelak dan semoga dengan adanya wacana ini dapat sedikit memberi angin segar terhadap perkembangan mobil listrik di Indonesia.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori berita / bisnis / mobil / teknologi dengan judul mobil listrik nasional 2013 . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/02/mobil-listrik-nasional-2013.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Saturday, February 23, 2013

Belum ada komentar untuk "mobil listrik nasional 2013 "

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013