Mobil Dibuat Lewat Internet

Austin, Texas - Gara-gara internet, sekarang hampir semua bisa dilakukan, termasuk mendesain mobil bareng-bareng oleh banyak orang di seluruh dunia.

Mobil berwarna oranye, dengan tampilan berotot ini didesain oleh masyarakat pecinta otomotif di seluruh dunia. Di balik wajahnya yang sangar tersimpan mesin dahsyat 6.2 liter, 8 silinder, transmisi otomatis yang sanggup memproduksi 430 daya kuda.

Mobil Rally Fighter yang dijual sekitar US$ 100.000 ini benar-benar merupakan mobil pertama yang desainnya murni dari masyarakat seluruh dunia atau crowdsourcing. Ide mereka dikumpulkan lewat internet. Kalau di internet, istilahnya open source. Siapa pun bisa terlibat menggarapnya.

"Jika Henry Ford memiliki Twitter dan akses internet access, dia pasti akan merancang mobilnya dalam cara yang berbeda," ujar Presiden dan salah satu pendiri Local Motors John B. Rogers seperti dikutip CNN, Rabu (13/3/2013).

Local Motors memiliki slogan 'Made by you in America'. Jadi wajar saja kalau mereka membuka proses desain mobil ini untuk masyarakat umum dan tidak tertutup seperti pabrikan mobil biasa.

Proses desain seperti ini diambil perusahaan untuk memproduksi mobil keren namun dengan harga murah dan seefisien mungkin.

Desain Rally Fighter dipilih dalam sebuah event yang digelar tahun 2009 lalu lewat internet. Pemenangnya adalah Sangho Kim dari Pasadena, California. Yang lainnya berpartisipasi dalam desain komponen mobil yang lain, misalnya pintu.

Setelah berbagai ide desain dikumpulkan, Rally Fighter hanya membutuhkan waktu sekitar 18 bulan untuk diproduksi. 5 Kali lebih cepat dibanding proses pembuatan mobil biasa.

Mobil sudah laku terjual di Amerika, Kazakhstan, Rusia, Dan Inggris Raya. Mereka menargetkan bisa menjual 2.000 unit Rally Fighter sebelum memulai proyek yang baru.

Selain mobil, Rogers juga tengah berencana untuk membuat motor berharga murah dengan proses yang serupa, mengumpulkan minat dari seluruh dunia.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori mobil dengan judul Mobil Dibuat Lewat Internet. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/04/mobil-dibuat-lewat-internet.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Thursday, April 4, 2013

Belum ada komentar untuk "Mobil Dibuat Lewat Internet"

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013