Cara mencegah Terjadinya Insomia

Cara mencegah Terjadinya Insomia
Banyak di antara kita yang terhimpit banyak aktifitas tetapi juga tak bisa tidur untuk memulihkan kondisi tubuh. Insomnia merupakan salah satu penyakit yang oleh orang awam masih dianggap hal yang biasa. Padahal jika dirunut, insomnia atau gangguan tidur yang berlangsung secara terus menerus akan berakibat pada penurunan kesehatan. Jadi, jangan dianggap remeh. Selain itu, kualitas tidur yang baik akan berdampak signifikan pada aktifitas dalam keseharian Anda. Ada banyak cara mengatasi insomnia termasuk penggunaan obat-obat berbahan kimia. Namun, jauh lebih bijak jika sebelum memilih opsi obat, Anda menerapkan cara alamiah terlebih dahulu. Berikut tips dan cara mengatasi insomnia Anda.

Hindari Kafein sebab senyawa yang satu ini akan membuat mata Anda sukses terjaga. Ingat, kafein tak hanya ada di kopi tetapi juga minuman lain seperti soda dan teh juga coklat!

Jika Anda benar-benar tak bisa tertidur di malam hari, mungkin sebaiknya Anda menghilangkan “menu” tidur siang dalam keseharian Anda. Sebab, tidur siang bisa mengganggu kualitas tidur malam Anda.

Mandi dengan air hangat sebelum menuju ranjang juga merupakan pilihan yang baik sebab air hangat mampu membuat otot Anda yang tegang jauh lebih rileks sehingga mudah untuk tertidur.

Jangan nyalakan TV atau radio sambil menunggu kantuk. Terlebih jika Anda sesorang yang hobi nonton! Jauh lebih baik jika Anda melakukan aktifitas yang membuat Anda bosan seperti membaca buku dengan tema berat dan atau menjahit. Dengan demikian, kantuk akan segera datang!

Hindari tidur di waktu yang dekat dengan tidur malam Anda. Misalnya di sore hari menjelang malam. Ini jelas akan membuat Anda terjaga di malam hari.

Sering melakukan olahraga akan membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Beberapa peneliti juga menduga bahwa kegiatan seksual yang baik bisa membuat seseorang tidur lebih baik. Hal ini sama dengan olahraga. Dan cara mengatasi insomnia tersebut tentu menyenangkan!

Cara mencegah Terjadinya Insomia
Jangan makan besar saat hendak tidur. Selain bisa membuat Anda sulit tidur, kebiasaan ini juga akan membebani kinerja sistem pencernaan Anda. Jadi makan minimal 4 jam 3 jam dari waktu tidur Anda. Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk mengkonsumsi susu sebelum menuju ranjang sebab susu bisa membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang.
Usahakan agar tempat tidur Anda nyaman dan bersih. Tempat tidur yang nyaman bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Rutin melakukan latihan pernafasan juga meditasi akan membuat Anda mudah tidur di malam hari. Hal ini juga membuat pikiran Anda lebih rileks sehingga tidur menjadi kegiatan yang menyenangkan dan juga mudah.

Dengarkan musik melankolis akan membuat Anda tidur lebih mudah. Gunakan music dengan gelombang beta brain sebab bisa membuat kepala Anda lebih “siap” untuk tidur. Saat mendengarkan music, sebaiknya jangan gunakan gadget semisal handphone sebab akan membuat Anda sibuk sendiri dengan gadget tersebut.

Demikian cara mengatasi insomnia yang bisa kami bagi untuk Anda. Jika cara tersebut tidak mampan, mungkin Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi obatan kimia. Namun, berdasarkan pengalaman, berolahraga dengan benar akan membuat insomnia seakut apapun sembuh. sebab tubuh yang lelah tentu membutuhkan istirahat. Selamat tidur ya
 

Artikel Terbaru  :
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori kesehatan dengan judul Cara mencegah Terjadinya Insomia . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/03/cara-mencegah-terjadinya-insomia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Sunday, March 17, 2013

2 komentar untuk "Cara mencegah Terjadinya Insomia "

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013