Info SNMPTN 2014 dari Panitia di Kampus ITB

Minggu lalu Panitia SNMPTN 2014 mengadakan press release di Aula Barat ITB. Peserta yang menghadiri press release tersebut adalah guru-guru dan kepala sekolah yanng punya kepentingan langsung dengan SNMTN 2014. FYI, SNMPTN adalah seleksi mahasiswa baru PTN melalui jalur prestasi akademik siswa atau dikenal juga dengan jalur undangan. Selain SNMPTN, ada pula jalur ujian tulis yang bernama SBMPTN dan jalur seleksi Mandiri.

Untuk Anda yang punya anak atau adik yang akan mengikuti SNMPTN tahun 2014, berikut ini saya bagikan informasi penting dari press release tersebut, semoga bermanfaat. Bahan tulisan ini diambil dari file presentasi pada acara press release tersebut.

Seleksi mahasiswa baru PTN pada tahun 2014 ada tiga jalur: SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Berikut perbedaan masing-masing jalur tersebut:

SNMPTN 
• Berdasar Prestasi Akademik Siswa (Rapor, Hasil UN, dan prestasi yang lain).
• Biaya ditanggung Pemerintah.
• Minimal 50% kuota daya tampung setiap PTN/Prodi.
Informasi umum SNMPTN dapat dilihat pada laman web berikut: http://www.snmptn.ac.id/informasi.html ?20131217-2

SBMPTN 
• Berdasarkan hasil tes tertulis/keterampilan.
• Biaya disubsidi oleh Pemerintah.
• Pelamar Bidikmisi tidak dipungut biaya.
• Minimal 30% kuota daya tampung setiap PTN/Prodi.

MANDIRI 
• Diserahkan sepenuhnya kepada setiap PTN.
• Biaya dibebankan kepada peserta.
• Maksimal 20% daya tampung setiap PTN/Prodi.

FYI untuk anda yang berminat ke ITB, sejak tahun 2011 ITB tidak menyelenggarakan seleksi jalur mandiri. Untuk tahun 2014 ITB menerima mahasiswa baru program sarjana hanya melalui SNMPTN (60%) dan SBMPTN (40%) saja.

Untuk SNMPTN 2014, yang harus diperhatikan adalah pilihan perguruan tinggi. Jumlah pilihan PTN paling banyak 2 PTN saja. Jika memilih 2 PTN, maka salah satu PTN pilihan harus berasal dari Provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa (khusus Provinsi Sulawesi Barat yang belum ada PTN, maka dapat memilih PTN di Sulawesi). Jika memilih 1 PTN maka siswa dapat memilih PTN di manapun. Selain itu, siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.

Sistem penilaian untuk seleksi SMPTN 2014 menggunakan tiga indeks/faktor, yaitu siswa, sekolah, dan wilayah.
1. Indeks siswa dengan indikator: Nilai Rapor, Kelengkapan Nilai Rapor, dan Pencapaian nilai pelajaran dibanding Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), nilai UN, dan prestasi lainnya.
2. Indeks sekolah: dengan indikator: Nilai UN, Nilai SBMPTN alumninya, Akreditasi Sekolah, dan Jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya.
3. Indeks wilayah dengan mempertimbangkan azas pemerataan.
4. Kebijakan sistem penilaian lokal diserahkan kepada masing-masing PTN.

Bagi siswa dan sekolah yang melakukan kecurangan maka tiada ampun, mereka akan diberikan sanksi keras. Sekolah yang melakukan kecurangan pada tahun sebelumnya diberikan sanksi yaitu tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berjalan. Panitia SNMPTN akan mengusulkan kepada Dinas Pendidikan/Instansi yang berwenang untuk memberikan sanksi pemberhentian/penggantian Kepala Sekolah. Sanksi terhadap sekolah akan dicabut jika Pihak yang berwenang memberhentikan Kepala Sekolah.

Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN, namun sekolah dan/atau kepala sekolah asal siswa tidak diberi sanksi.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
1. Pengisian PDSS: 6 Januari – 6 Maret 2014 dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
2. Pendaftaran: 17 Februari – 31 Maret 2014
3. Proses Seleksi: 1 April – 26 Mei 2014
4. Pengumuman Hasil Seleksi: 27 Mei 2014
5. Pendaftaran Ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi: 17 Juni 2014, bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Ketua Umum SNMPTN 2014 adalah Rektor UNPAD, sekretaris umum adalah Rektor ITS, dan bendaharanya Rektor UNS.
Alamat Sekretariat adalah:
GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS PADJADJARAN,
JL. DIPATI UKUR, NO.35
BANDUNG 40135
TELEPON: (022) 842 88842
FAKSIMILE : (022) 842 88899

Selamat mengikuti tahapan SNMPTN 2014. Bagi Anda yang memilih ITB, semoga dapat berjumpa di kampus AMIKOM YOGYAKARTA :D

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PENDIDIKAN dengan judul Info SNMPTN 2014 dari Panitia di Kampus ITB. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2014/01/info-snmptn-2014-dari-panitia-di-kampus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, January 3, 2014

Belum ada komentar untuk "Info SNMPTN 2014 dari Panitia di Kampus ITB"

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013