7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLR

7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLRAda beberapa teman yang menggunakan kamera DSLR mengatakan kepada kami bahwa punya kamera DSLR cukup hanya memiliki body kit kamera dan lensa standar. Ada yang mengatakan punya kamera DSLR harus punya memory card yang banyak atau memiliki lensa berbagai range. Selain itu ada pula teman yang mengatakan kepada kami bahwa memiliki kamera DSLR itu ribet dan harus merogoh saku cukup dalam, butuh aksesoris yang banyak untuk menjaga kondisi kamera dan apabila ingin hasil jepretan yang maksimal.

Apa yang dikatakan beberapa teman kami tersebut tidak sepenuhnya benar dan sepenuhnya salah. Lalu? Dari pada bingung mendingan bagi teman-teman Geeks pengguna kamera DSLR maupun yang hendak berencana untuk membeli kamera DSLR, pada postingan kali ini idgeeks.net ingin membagikan beberapa tools atau alat dan aksesoris yang wajib dibawa oleh pengguna kamera DSLR. Khususnya bagi teman-teman Geeks yang ingin menjadi seorang fotografer profesional. Dan apa saja alat atau aksesoris tersebut? Berikut 7 alat dan aksesoris yang wajib dimiliki teman-teman Geeks saat teman-teman Geeks ingin membangun sebuah studio foto sederhana.

1. Baterai Cadangan

7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLRBaterai Cadangan Canon DSLRYang ini sepele, namun banyak fotografer pemula sering mengabaikan pentingnya baterai ekstra. Masalahnya, kita tidak pernah ingin ketika berlibur, dan tengah foto-foto, atau kegiatan berburu foto yang lain kita kehilangan momen luar biasa karena ketika hendak mengambil gambar morphs bar baterai atau indikator baterai kamera kita berkedip merah. Kabar baiknya adalah bahwa kita dapat menemukan penjualan baterai cadangan ini dari situs Web atau forum-forum jual beli dan fotografer seperti FJB Kaskus, Bursa Fotografer.net, atau Jual beli forum Sony Alpharian, dan lain sebagainya. Bila kita tidak menghiraukan merek dari baterai (seperti Canon atau Nikon) alias memilih membeli baterai cadangan third party a.k.a KW, kita mungkin bisa menghemat dana hingga 50 persen. Hanya saja kita harus mengerti baterai yang cocok dengan kamera seperti apa, nomor model baterai, dan mungkin perlu membaca ulasan pelanggan untuk mengetahui baterai cadangan yang paling cocok untuk type kamera DSLR yang kita gunakan.


2. Filter UV

Filter UV DSLRMeskipun dari namanya jelas bahwa fungsi dari aksesoris ini adalah untuk filtering sinar UV, tetapi sebagaian besar fotografer menggunakannya sebagai pelindung lensa. Sebuah filter UV ditempatkan di atas lensa dan berfungsi untuk melindungi lensa dari debu, kotoran, dan goresan. Untuk sebuah filter UV memiliki harga berkisar antara Rp 50.000,- hingga Rp 1.000.000,-, tergantung pada kualitas. Secara umum, kita harus berinvestasi dengan membeli Filter UV jika kita tidak ingin terjadi masalah terhadap lensa. Dan nilai investasi filter UV berbanding lurus dengan kualitas dari lensa yang kita miliki.
7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLR

3. Cleaning Kit

7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLRCleaning kit for DSLR CameraTidak peduli apakah kita menggunakan filter UV atau tidak untuk lensa kita, yang jelas kita membutuhkan aksesoris Cleaning Kit di dalam tas dan wajib dibawa ke mana pun. Cleaning Kit untuk kamera DSLR biasanya terdiri dari, Kain Microfiber untuk membersihkan sidik jari dan noda. Sebuah blower debu untuk menyingkirkan debu dan kotoran. Sebuah Combo Pen yang terdiri dari sikat pembersih dan penyeka sidik jari untuk lensa.
4. Camera Case / Tas Kamera

7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLR
Ini merupakan sebuah aksesoris yang wajib dan sangat kami rekomendasikan untuk teman-teman Geeks yang menggunakan kamera DSLR. Dan bahkan tidak ada alasan untuk menunda membeli tas kamera setelah kita membeli kamera DSLR. Meskipun kita berfikir bahwa kamera DSLR akan banyak ditenteng dan digantungkan di leher, kita masih perlu tas kamera.
Tas Kamera DSLR
Alasan tas kamera sangat diperlukan karena kita harus memikirkan aksesori apa yang perlu kita bawa ketika kita bepergian. Baterai cadangan, kartu memori, card reader, filter, lensa tambahan, dan cleaning kit yang masing-masing akan membutuhkan cubby di tas Anda. Setelah Anda tahu apa yang perlu disimpan, ini akan menjadi sebuah pertimbangan yang baik sebelum menentukan jenis tas atau ransel yang kita butuhkan. Saran dari kami, belilah sebuah tas kamera yang memiliki banyak padding dan proteksi eksternal, sehingga peralatan kita aman dari hal-hal yang ada di luar yang mungkin bisa masuk dan mengotori kamera DSLR kita.
5. Hard Disk Eksternal
Jika kita awalnya terbiasa dengan kamera saku dengan ukuran file yang kecil, tampaknya kita harus siap dengan ukuran file yang besar ketika beralih menggunakan kamera DSLR. Kamera DSLR menghasilkan output jenis file jauh lebih besar, terutama ketika kita mengambil gambar pada resolusi super tinggi, RAW, atau format video HD.
HDD External
7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLRUntuk mengakomodasi kebutuhan penyimpanan file-file besar, kita bisa membeli hard drive eksternal. Kapasitas yang tepat tergantung pada seberapa banyak jepretan yang akan kita lakukan, tapi banyak yang salah di sisi keselamatan, jadi jika kita bisa, belilah hard drive dengan kapasitas penyimapanan setidaknya 1TB. Setelah kita telah mengatur hard drive yang kita punya, segera membuat sistem untuk mengatur foto dan video sehingga kita akan tahu persis di mana untuk menemukan dan membackup foto secara cepat ketika dalam keadaan darurat.
6. Lensa Fix 50mm
Lensa Fix 50mmJika kita bertanya bagaimana menghasilkan sebuah karya foto dengan efek bluring dan bokeh yang bagus baik blur di bagaian depan maupun belakang dengan sebuah titik fokus, maka lensa Fix 50mm f1.8 adalah jawabannya. Lensa ini sangat tepat digunakan untuk foto potrait, food photography, low-light photo, dan lain sebagainya. Lensa Fix 50mm merupakan lensa yang cukup baik dibandingkan hanya dengan lensa kit, dan yang paling penting lensa ini tidak seberapa mahal. Harga berkisar mulai Rp 1.000.000,- (bergantung merek dan bukaan lensa).
7. Tripod
7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLRTripodTripod merupakan kunci utama untuk menghasilkan hasil jepretan yang tajam, potret diri sendiri, foto dengan eksposur yang lama, dan sangat membantu ketika sedang pemotretan dengan cahaya rendah. Namun demikian, begitu banyak jenis tripod yang dapat kita pilih. Sebagai permulaan, mencari tripod, cari dan belilah tripod berbahan serat karbon yang ringan dengan ketinggian standar dengan kemampuan untuk memutar secara vertikal untuk gambar potret. Jika kita ingin mendirikan sebuah studio foto dan sering mengambil gambar untuk pesta dan foto produk atau barang buatan tangan, tripod dapat menjadi alat yang benar-benar berguna.
Itu tadi  7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLR, semoga tulisan kali ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman Geeks semua ketika hendak membeli atau sudah memiliki kamera DSLR.


sumber : http://www.idgeeks.net/
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori camera dengan judul 7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/11/7-alat-yang-wajib-dimiliki-pengguna.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Friday, November 22, 2013

Belum ada komentar untuk "7 Alat yang wajib dimiliki Pengguna Kamera DSLR"

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013