Jenis-Jenis Android dan kegunaanya

Hallo Agan-Agan sekalian maaf baru bisa posting nih karena bnyaknya kendala kuliah yang menumpuk jadi baru bisa share ilmu sedikit langsung saja yah disini Admin akan memberikan informasi yang mungkin agan penggil Android tentunya tau dulu versi-versi android dan kegunaannya.
Karakteristik Android Berdasarkan Versi - Android, mungkin kita sudah mengenal kata tersebut yang identik dengan gadget, dan andorid itu sendiri juga merupakan sistem operasi yang berbasis linux. Dalam sebuah smarthphone ataupun tablet untuk pasar saat ini yang paling di gandrungi adalah smartphone atau tablet yang sudah menggunakan OS Android, akan tetapi android sendiri temen – temen pastinya sudah mengenal lebih dari satu jenisnya. Adapun generasi dari android tersebut urutannya adalah Android versi 1.1, Android versi 1.5 (cupcake), Android versi 1.6 (Donut), Android versi 2.0/2.1 (Eclair), Android versi 2.2 Froyo, Android versi 2.3 gingerbread, Android versi 3.0/3.1 Honeycomb, Android versi 4.0 Ice Cream dan yang paling gress adalah Android versi 4.1 JELLY BEAN. Berikut penjelasan dari android versi terbaru, akan tetapi untuk lebih memudahkan dalam membandingkan android dari generasi ke generasi, kita kembali mengingat dari generasi pertama.

 1. Android versi 1.1  Android versi 1.1
 ini merupakan generasi pertama android, dan diliris pada 9 Maret 2009 oleh google. Yang menjadi keunggulan dari Android ini adalah dilengkapinya dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, pengiriman pesan dengan GMail, dan pemberitahuan e-mail.

 2. Android versi 1.5 cupcake
 Untuk Android generasi ke dua ini memilki beberapa perubahan, adapun perubahannya antara lain adalah kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon,  dukungan Bluetooth A2DP, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

 3. Android versi 1.6 Donut
 Di Android versi 1.6 ini yang terkenal dengan nama Android Donut terdapat update untuk menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, penggunaan baterai indikator, dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA

. 4. Android versi 2.0/2.1 Eclair Android
 versi ini yang merupakan keluaran atau generasi yang ke empat ini yang dirilis pada 3 Desember 2009, dan terdapat beberapa perubahan yang ditujukan untuk pengoptimalan pada hardware. Perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

 5. Android versi 2.2 Froyo
 Android versi 2.2 froyo ini sempat mendapatkan perhatian dari pengguna karena kelebihannya dan telah banyak perubahan dari generasi yang pertama, adapun android ini dikeluarkan pada 20 Mei 2010 dengan terdapat perubahan pada Android versi 2.2, antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi dua sampai lima kali lebih cepat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang dapat mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

 6. Android versi 2.3 Gingerbread
 Untuk Android versi ini dirilis sekitar 6 bulan setelah android froyo tepatnya pada 6 Desember 2010, sedangkan perubahan yang terdapat pada android versi 2.3 gingerbread ini adalah dengan adanya peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

 7. Android versi 3.0/3.1
 Honeycomb Android versi 3.0/3,1 ini terdapat perlakuan khusus, karena android yang satu ini memang lebih diperuntukan untuk tablet yang menggunakan layar yang lebih lebar. Selain itu User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Dan yang menjadi tablet yang pertama kali didukung oleh android honeycomb ini adalah Motorola Xoom.

8. Android versi 4.0 Ice Cream
 Android versi 4.0 Ice cream ini dirilis pada pada akhir tahun 2011 oleh Google, dan yang menjadi perhatian adalah android yang satu ini hanya android berbasis open source jadi siapapun bisa mengembangkannya dan jika anda suatu saat nanti bisa mengembangkan android maka anda bisa juga membuat simbol-simbolnya.

 9. Android versi 4.1 JELLY BEAN
 Android JELLY BEAN dikembangkan melalui hasil survey ICS (Ice Cream Sandwich) yang lebih dulu dirilis pada banyak merk tablet. Dan Android yang paling muda ini memiliki beberapa keunggulan yaitu: Untuk kecepatan dalam android ini memang sudah mempunyai  performa yang lebih baik, karena    prosesor yang sudah disematkan kedalam tablet sebenarnya sehingga bisa dipompa dengan maksimal. serta ditambah dengan tripple buffering sehingga menghasilkan hasil grafis yang maksimal dan halus. Di Android ini untuk menyimpan foto kontak yang lebih besar 720 x 720, sehingga membuat kontak lebih kaya dan lebih pribadi Android jelly bean ini dapat membantu mengelola aplikasi penggunaan data secara lebih tepat bila perangkat terhubung ke jaringan sehingga mengetahui kecepatan akses, termasuk penarikan ke mobile hotspot. Android jelly bean ini menggunakan teknologi berbasis NFC populer yang memungkinkan pengguna langsung terkoneksi, hanya dengan menyentuh dua NFC-enabled telepon bersama. Sehingga lebih mudah untuk berbagi foto, video, atau muatan lain dengan memanfaatkan Bluetooth untuk transfer data. Terdapat Customize Widgets, artinya diberikan kemampuan untuk merubah ukuran widget yang biasanya standart, pengguna dapat mengatur ukuran widgets yang ditampilkan di halaman depan perangkatnya sesuai dengan keinginannya. Dengan rincian Android diatas temen – temen bisa mengerti dan juga bisa membandingkan antara generasi pertama sampai generasi yang paling muda, sertatemen – temen bisa tahu kelebihan dari masing – masing android tersebut. 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori android dengan judul Jenis-Jenis Android dan kegunaanya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/09/jenis-jenis-android-dan-kegunaanya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Friday, September 27, 2013

Belum ada komentar untuk "Jenis-Jenis Android dan kegunaanya"

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013