Apple vs Google Perang Terus

Apple vs Google Perang Terus


Sengketa hukum hak paten antara Apple dan Motorola Mobility sebagai unit usaha perangkat mobile Google, seakan tak menemukan titik terang penyelesaian. Seorang hakim federal di Miami, Florida, AS, berkomentar, kedua pihak memanfaatkan sengketa paten sebagai strategi bisnis.

Hakim Robert Scola mengatakan, para pihak tidak melakukan upaya cepat menyelesaikan perselisihan ini. "Mereka malah menggunakan ini dan litigasi yang sama di seluruh dunia sebagai strategi bisnis yang seakan tiada habisnya," tulis Scola dalam sebuah catatan, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (11/4/2013).

Para pembuat perangkat mobile saling mengajukan gugatan hak paten yang berhubungan dengan teknologi nirkabel sejak 2010. Kasusnya terus bertambah dengan gugatan terkait paten baru, yang pada akhirnya, merupakan pertempuran global meraih pangsa pasar dan keuntungan.

Di Florida sendiri, menurut Scola, ada 180 klaim yang berkaitan dengan 12 paten. Scola menyebut Apple dan Google tidak berupaya merampingkan kasus dan selalu berperilaku "ribut dan saling bantah."

"Tanpa sedikit ironi, pihak terkait meminta pengadilan untuk membersihkan kekacauan yang mereka buat dengan menggelar sidang untuk mengurangi ukuran dan kompleksitas kasus. Pengadilan menolak undangan ini," tulis Scola.

Pihak pengadilan memberi waktu empat bulan kepada Apple dan Google, untuk mempersempit ruang lingkup kasus. Jika tidak, ia akan menahan kasus ini.

Hakim lain yang mengeluhkan pertarungan hukum Apple dan Google, adalah Hakim Barbara Crabb di Wisconsin. Crabb menyatakan Apple bersalah, dan mengharuskan perusahaan membayar royalti paten ke Google. Apple hanya mau membayar 1 dollar AS kepada Google untuk setiap satu unit iPhone yang terjual.

Pada November 2012, Apple dan Google mengatakan, akan berunding untuk menyelesaikan kasus yang sedang ditangani Crabb. Akhirnya, Apple meminta Crabb untuk membatalkan keputusan pembayaran royalti kepada Motorola.

Tetapi kemudian, kedua perusahaan menghidupkan kembali kasus ini dan melemparnya ke seorang hakim federal di Chicago.

Sengketa paten yang seakan tiada akhir, juga berlangsung antara Apple dan Samsung. Keduanya mempermasalahkan paten perangkat lunak dan desain dari produk ponsel pintar dan tablet. Selain di AS, kasus hukum antara Apple dan Samsung juga berlangsung di Inggris, Jerman, Belanda, Jepang, Korea Selatan dan Australia
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori gadgets / teknologi dengan judul Apple vs Google Perang Terus . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ridsabs.blogspot.com/2013/04/apple-vs-google-perang-terus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arman syah - Thursday, April 18, 2013

Belum ada komentar untuk "Apple vs Google Perang Terus "

SUMBER ILMU TERPECAYA

dunia fotografi

TEKNOLOGI 2013